research from people for people

Berikut ini adalah draft artikel yang akan kami kirimkan ke Artesh 2018. Artikel ini berawal dari presentasi kami berdua di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB tanggal 12.10.2018 lalu. Saat itu kami diminta membagikan pengalaman mengenai riset kualitatif. Slide presentasinya sendiri dapat dilihat di Repositori ITB-OSF. #terbukaatautertinggal #sainsterbuka

People Smoke Crowd Concert (credit: Maxpixel CC-0)

Continue reading research from people for people

Mengenal dosen magang: beberapa hal tentang pencarian informasi

Hari ini dan besok saya diminta berbicara mengenai identifikasi masalah, research gap, publikasi, dan pemilihan media publikasi, di salah satu sesi dalam rangkaian acara Program Dosen Magang di ITB.  Koordinator program ini adalah Pak Komang Anggayana dari FTTM ITB. Terima kasih Pak sudah memberi kesempatan kepada saya. 🙂 Berikut dokumentasinya.

(dipinjam dari flickr/beckpitt, CC-BY)

Continue reading Mengenal dosen magang: beberapa hal tentang pencarian informasi

Telaah singkat Permenristekdikti No. 20 Tahun 2018 tentang Penelitian (v1)

Telaah singkat Permenristekdikti No. 20 Tahun 2018 tentang Penelitian

Oleh Dasapta Erwin Irawan (GS, ORCID)

Telaah singkat versi 1.0 ini merupakan bagian dari dokumen IDRI (Ikatan Dosen Republik Indonesia) yang disampaikan ke DPR RI hari ini. Versi PDF dan DOCX nya akan tersedia daring di Repositori ITB.

Dipinjam dari Pexels (CC-0)

Konteks yang disampaikan di sini adalah bahwa regulasi tentang penelitian di Indonesia perlu menyeluruh dan lebih mendorong penyebaran informasi kepada masyarakat Indonesia sendiri. Berbagai aplikasi riset pasti akan lebih bermanfaat bila disampaikan dengan berbagai cara kepada masyarakat (misalnya yang biasa disampaikan oleh Puspiptek Ristekdikti), ketimbang mensyaratkan publikasi di jurnal internasional sebagai syarat yang mendominasi berbagai skema riset. Semoga telaah singkat ini bermanfaat.

Continue reading Telaah singkat Permenristekdikti No. 20 Tahun 2018 tentang Penelitian (v1)

every point on earth holds a piece of originality | CC-BY