Tentang metrik: hubungan sate dengan indeks H

Selamat pagi rekan-rekan. Berikut rilis Podcast Akademia Terbalik berikutnya. Season 1 Episode 21 yang bercerita tentang sate, restoran, aplikasi ojek online, dan indeks H. Di sini saya mengungkap pula berbagai lapisan “kulit” sejak riset dilakukan sampai kemudian seseorang menilai prestasi anda. Pasti bingung. Langsung saja mampir ke sini.
Foto dari Wikimedia Commons CC-0, disunting dengan Canva.com

Tentang fungsi tumbuhan: analogi akademia

Fungsi utama tumbuhan ada beberapa. Menghasilkan O2 adalah salah satunya. Fungsi itu sudah tidak terasa penting lagi ketika semua tumbuhan memang memiliki fungsi dasar yang sama, menghasilkan oksigen dari fotosintesisnya. Ketika manusia sadar ada manfaat lain dari tumbuhan, misal: buahnya, daunnya, batangnya, maka mereka pun menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tentang fungsi utama tumbuhan (@dasaptaerwin, CC-0)

Continue reading Tentang fungsi tumbuhan: analogi akademia

Perjalanan Padalarang-Yogyakarta pp dan OpenKnowledge Map

Oleh: @dasaptaerwin

Artikel ini dibagikan dengan lisensi CC-BY, bebas pakai. Silahkan menggunakan ulang untuk kebutuhan anda. Komentar anda sangat saya nantikan.

Sekilas perjalanan

Ingin tahu betapa kayanya Indonesia? Lakukan perjalanan. Perjalanan keluar dari kehidupan anda sehari-hari yang mungkin hanya dari rumah ke kampus. Mungkin pekerjaan anda melibatkan perjalanan jauh, tapi terkadang anda merasa gagal menangkap pesan-pesan alam Indonesia, selain menangkapnya dari swafoto-swafoto yang anda lakukan.

Perjalanan saya kali ini adalah untuk mengikuti kegiatan kantor dari Padalarang ke Yogyakarta pp menggunakan jalan darat mengemudi mobil sendiri. Keduanya melalui jalur tol pantura, tetapi saat pergi saya melalui rute Bandung, tol pantura, Purwokerto, Wonosobo, kemudian Yogyakarta. Pulangnya saya menempuh rute Yogyakarta, Klaten, Boyolali, tol Semarang, tol pantura, hingga sampai ke Padalarang. Berikut laporannya.

Continue reading Perjalanan Padalarang-Yogyakarta pp dan OpenKnowledge Map

OpenCon2019 Diseminasi terbuka

Tentang riset, klaim, dan pencurian ide :). Berikut Slide saya di OpenCon 2019 Indonesia. Video menyusul.

OpenCon 2019 diadakan oleh Open Access Indonesia bekerja sama dengan Right to Research Coallition, SPARC, Universitas Paramadina pada tanggal 20 Agustus 2019 di Aula Nurcholish Madjid Universitas Paramadina Jakarta.

Pembicaranya ada empat orang:

  1. Pak Robertus Theodore dari Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP)
  2. Saya  dari INArxiv dan ITB
  3. Pak Juneman Abraham dari Binus
  4. Pak Eka Wenats Wuryanta dari Universitas Paramadina

Continue reading OpenCon2019 Diseminasi terbuka

every point on earth holds a piece of originality | CC-BY