Ctrl-F

Salah satu indikator anda telah menyelesaikan penulisan tugas akhir dengan cemerlang adalah bagaimana anda menghargai dan menghormati karya-karya yang anda baca, sitir/rujuk/refer. Terlebih lagi banyak dari karya-karya tersebut adalah hasil kerja keras senior kita sendiri.  Untuk itu saya coba membagi pengalaman saya dalam memeriksa Daftar Pustaka (DF) untuk terakhir kali (final check) sebelum draft tugas akhir disampaikan ke penguji dan pembimbing. “Draft ” saya garis bawahi karena dokumen tersebut yang akan dibaca dan dinilai saat sidang S1/S2/S3. Jadi jangan menunggu sampai versi final untuk memeriksa dan merapihkan DF anda.

Yang paling terlihat adalah (seperti biasa) rujukan dalam teks tidak ada dalam DF tidak, vice versa.

MS Word (for Windows/Mac) atau pengolah kata lainnya (Open Office, Corel Wordperfect, Star Office), semuanya sudah menyediakan perintah (command) untuk menyusun rujukan dan DF secara otomatis (Bibiography dalam menu References). Untuk Ms Word lihat ( http://blog.fitb.itb.ac.id/derwinirawan/?page_id=180).

Selain itu ada juga tools yang sudah tersedia sejak jaman Wordstar, Chiwriter dll. (Sebagian dr kita mungkin belum lahir saat 2 piranti lunak itu booming).

Perintah itu adalah perintah “Find”.

Cukup dengan menekan Ctrl (tombol kontrol) dan “F” maka semua yang kita cari muncul. Caranya?

  1. Buka data tugas akhir (TA) anda.
  2. Print halaman DF anda untuk memudahkan pengecekan.
  3. Tekan tombol “Ctrl” dan “F”. Maka kolom pencarian akan muncul.
  4. Ketik kata kuncinya pada kolom yang disediakan, bisa dicoba mengetik “(19” dan “(20”. Mengapa? Karena rujukan kita biasanya mengandung kata kunci di atas, misal: Irawan (2009). Jadi semua rujukan dalam teks yang mengandung kedua teks di atas akan muncul.
  5. Cocokkan rujukan yang muncul dengan DF anda. Yang ada di teks harus ada dalam DF, yang ada dalam DF harus muncul di setidaknya satu bagian dalam teks anda.

Mudah dan cepat bukan? Tapi 30 menit yang anda sisakan sebelum mengumpulkan TA versi draft/final, dapat mengubah kesan penguji dan pembimbing terhadap diri anda. Tentunya jangan lupa mempersiapkan materi sidangnya. Itu yang utama.

Tambahan: kalau ingin lebih mudah dan gratis, sekaligus untuk belajar lebih jauh mengenai memebuat sitasi dan daftar pustaka bisa coba layanan berikut: http://www.easybib.com/cite/view
Semoga bermanfaat.

D. Erwin Irawan

 

About the author

My current focus is how to provide the hydrostratigraphy of volcanic aquifers in Bandung area. The research is based on environmental isotope measurement in groundwater and morphometry. My work consists of hydrochemical measurements. I am using multivariate statistical methods to provides more quantitative foundation for the analysis and more insight into the groundwater behavior, especially its interaction with surface water. I use open source apps like R and Python to do the job. In my spare time, I also have a side project to promote open science in Indonesia's research workflow. One of my current focus is promoting INARxiv, as the first preprint server of Indonesia (osf.io/preprints/inarxiv) and serving as ORCID and OSF (osf.io) ambassador. Research interest: Hydrochemistry, multivariate analysis, and R programming. Blog: dasaptaerwin.net, derwinirawan.wordpress.com. (https://orcid.org/0000-0002-1526-0863)