apa yang menghalangi anda membagikan material presentasi?

Coba Anda hitung, ada berapa presentasi yang dilakukan oleh para akademisi dalam sehari, seluruh Indonesia. Berapa pidato ilmiah Guru Besar yang dilaksanakan tiap bulan.

31780624333_9ae16a9bce_m
Iklan Citroen DS dari flickr/andrewbone CC-BY

Tidak perlu jauh-jauh, Anda sendiri. Berapa presentasi (dalam bentuk apapun dan dalam acara apapun) yang Anda lakukan setiap hari?

Mungkin presentasi kuliah, sudah pasti. Lainnya mungkin presentasi penelitian, pengabdian kepada masyarakat, atau layanan kepakaran. Pasti ada sajalah tiap minggu. Nah sekarang apa yang menghalangi anda membagikan slide presentasinya?

  1. karena waktu: waktu anda sedikit, paham. Bahkan mungkin tayangannya baru selesai 5 menit menjelang presentasi.
  2. karena isi materinya yang sensitif dan hanya relevan untuk lingkungan tertentu: ini alasan umum.
  3. karena hanya kemalasan: atau karena memang anda malas saja tidak ada alasan lain.

Dari tiga alasan di atas, alasan nomor 2 yang paling bisa dipahami. Yang nomor 1, mestinya bisa di atasi. Saat ini telah banyak repositori terbuka yang menyediakan spasi media yang besar, bahkan terlalu besar bagi orang kebanyakan. Anda bisa mengunggah slide ke OSF, Figshare, Zenodo, atau repositori institusi. Kalau Anda suka dengan Slideshare, juga tidak ada larangan untuk menggunakannya. Pilih medium yang mudah dan menyenangkan untuk dipakai, juga mudah ditemukan mesin pencari. Membuat akun tidak memerlukan waktu lama. Anda selalu bisa menggunakan akun media sosial yang telah dimiliki sebelumnya atau akun ORCID.

Pilih medium yang mudah dan menyenangkan untuk dipakai, juga mudah ditemukan mesin pencari.

Pengarsipan mandiri (self archiving) sangat penting. Satu, karena kita pelupa (oh itu saya). Jadi saat lupa, tinggal cari presentasi kita sendiri dengan mesin pencari. Dua, karena informasi yang kita berikan mungkin sangat dibutuhkan oleh orang lain. Bahkan mungkin lebih banyak orang di luar forum presentasi yang membutuhkannya. Tiga, karena tidak semua orang punya cukup waktu untuk membaca laporan lengkap. Buat slide presentasi yang memadai, berikan tautan daring dari laporan lengkapnya. Anda juga bisa membuat slide presentasi dalam Bahasa Inggris untuk setiap laporan atau artikel Anda yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Cara ini bisa dicoba untuk menarik minat pembaca yang hanya mengerti Bahasa Inggris.

Anda juga bisa membuat slide presentasi dalam Bahasa Inggris untuk setiap laporan atau artikel Anda yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Cara ini bisa dicoba untuk menarik minat pembaca yang hanya mengerti Bahasa Inggris.

Nah sekarang apa yang tidak seharusnya Anda bagikan secara terbuka?

Tidak semua materi dapat dibagikan secara terbuka.

Ada beberapa jenis luaran kegiatan yang tidak atau belum bisa dibagikan secara langsung tanpa melalui proses penyuntingan atan penyaringan informasi. Berikut ini adalah tiga kondisi yang paling umum:

  1. hasil riset yang terkait perjanjian dengan pihak ketiga: bisa berupa perjanjian   penggunaan data atau perjanjian pendanaan dengan pihak ketiga (umumnya pihak swasta atau industri),
  2. hasil riset yang belum mendapatkan persetujuan dari anggota tim lainnya untuk dibagikan: persetujuan ini penting, tapi kalau riset tidak terkait dengan hal-hal pada no 1 dan 2 di atas, biasanya anggota tim riset lainnya akan menyetujui untuk membagikannya,
  3. catatan-catatan rapat tertutup: untuk hal ini, catatan tetap perlu diarsipkan, karena peserta rapat atau diskusi pasti akan memerlukannya.

Silahkan memulainya. Atau Anda masih lebih suka dikejar-kejar peserta dengan membawa usb disk untuk mendapatkan kopi tayangan presentasinya. :).

Pilihan ada di tangan Anda, yang jelas, ilmu yang Anda bagikan bisa saja bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh orang lain.

#sainsterbuka #terbukaatautertinggal