Kring-kring ada sepeda

Kalau anda perhatikan ada yang berbeda dalam sebulan terakhir ini. Saya mulai lari lagi dan naik sepeda lagi. Pesan-pesan yang saya sampaikan juga banyak yang mampir dulu ke aplikasi Strava (Profil Strava Sains Terbuka), sebelum bergerak ke berbagai kanal komunikasi yang saya miliki.
Cerita saya ini tentang sebuah sepeda peninggalan almarhum ayah saya yang wafat setahun yang lalu (2 Oktober 2018). Sepeda ini tidak pernah diceritakan. Saya juga baru mengetahuinya saat berkunjung ke rumah hari itu. Singkat cerita sepeda itu sudah sampai ke Bandung, terima kasih untuk Juan (Hai Juan), seorang kawan baru yang saya kenal dari seorang kawan lama saat SMA (Ervi, hai Ervi). Juan yang membongkar sepeda ini secepat kilat (sepertinya kurang dari 1/2 menit) agar bisa masuk ke mobil untuk dibawa 700 km ke arah matahari terbit. Ini dia (lihat gambar di bawah).
Kemudian sepeda saya bawah ke Rodalink Abdul Rivai untuk dibongkar total dan dirakit kembali. Perkiraan saya, sepeda ini terakhir dipakai sekitar tahun 2012 an. Yang perlu diganti adalah rantai dan roda depan belakang saja. Semua onderdilnya telah dilepas dan diberi gemuk lagi sebelum dipasang. Dicuci juga tentunya. Selama beberapa hari saya coba googling untuk mengetahui jenis apa sepeda ini. Seorang kawan lama lainnya, Ferry Hakim, adalah yang pertama memberi tahu sepeda ini berjenis hybrid bike. Teknisi di Rodalink juga menyebutnya begitu. Berikutnya tipenya, Specialized XXX. Ferry sebenarnya sudah memberitahu untuk memasukkan kode rangka (frame) atau semacam Vehicle Identification Number/VIN kalau mobil ke laman Specialized. Tapi saya belum menemukan juga laman untuk memasukkan kode itu. Setelah googling beberapa lama, ketemulah kembarannya. Sebuah Specialized Allez tahun 2004 yang dijual di India seharga 8000 Rupee (lihat gambar di bawah ini). Perbedaannya hanya pada setangnya. Jadi rupanya sepeda ini adalah tipe Allez buatan 2004. Googling berikutnya menggunakan kata kunci “2004 Specialized Allez” menghasilkan banyak gambar kembarannya yang lain. Menurut laman Bicycle Blue Book, tipe lengkap sepeda ini adalah 2004 Specialized Allez Sport Triple. Semoga tidak salah.
Nantikan perjalanannya di profil Strava Sains Terbuka. 🙂

About the author