R Studio 32 bit vs 64 bit

Author:

Assalamualaikum wrwb selamat pagi

Saya mau share sedikit pengalaman menggunakan R di Ubuntu. Setelah 3 tahun setia menemani (hingga ke Australi setahun penuh), Laptop kantor yang lama, Acer V5 i5 (kata siapa Acer=Agak cepat rusak), ditukar oleh staf kantor jadi Asus i7.

Laptop yang baru ini menggunakan Win 8. Seperti biasa saya buat partisi Linux, install Ubuntu 15.04, dengan sistem dual OS.

Saya mulai install berbagai aplikasi standar saya, salah satunya R base dan R Studio. Dengan cara yang sama yang selama ini saya lakukan, R base versi 3.2.2 (code name: Fire Safety) sudah terinstalasi dan berjalan baik. Berikutnya R Studio, setelah terinstalasi, ternyata tidak dapat berjalan sama sekali. Icon muncul tapi bila diklik aplikasi tidak berjalan.

Saya sudah Googling untuk cari tahu soulsinya, seminggu kemudian belum ketemu. Lantas saya coba-coba saja. Selama ini yang saya install adalah versi Deb 32 bit. Bagaimana bila yang diunduh dan diinstall adalah versi deb 64 bit.

Dan voila

Ternyata R Studio bisa jalan sekarang. 

Saya tidak tahu kenapa, dan agak malas cari tahu penyebabnya. Hehe.

Walaupun sudah lebih dari 15 tahun menggunakan Linux (Berawal dari RedHat, Mandrake, kemudian Ubuntu), saya tetap saja hanya "user"…. 😂😂😂

Foto: bukan keyboard QWERTY bukan