Kondisi riset Indonesia dari data W*S

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat beribadah bagi rekan-rekan yang beragama Hindu.

Ingin tahu tema-tema riset Indonesia yang muncul ke permukaan? Salah satu caranya adalah dengan melihat judul-judul publikasinya. Ini sedikit hasil kerja saya :D.

Tanggal 2 Maret lalu saya membuat slide berjudul “Are we racing to the right direction?” Masih minim pengunjung. Mungkin anda tidak percaya, hanya 1 :D. Entah tidak lihat posting saya di medsos beberapa hari lalu atau memang tidak berminat saja, simple ignorance.  Secuek kita saat melihat fenomena di sekeliling kita, termasuk tanaman aneh, kecoak aneh, atau ikan yang tidak biasa bentuknya.

Tapi saya tidak menyalahkan anda, saya pun sering begitu. Kenapa? Salah satunya mungkin karena saat akan menulis, rasanya berat sekali. Belum mulai menulis, sudah berpikir, mau dikirim ke jurnal mana? Q1 atau Q2? Terakreditasi atau tidak? Terindeks atau tidak? dll.

Mmm btw, slide di atas bisa disunting, lisensinya CC-BY. Tidak cukup. Data mentah dari WoSnya juga saya sertakan di repo Figshare ini. Ada DOI nya. Bisa disitir pula. Jadi anda bisa membuat suatu analisis dari data saya itu. Kurang apa lagi?

Irawan, Dasapta Erwin (2019): Indonesia research: are we going to the right direction?. figshare. Fileset. url: https://doi.org/10.6084/m9.figshare.7806119.v3

Kurang niat mungkin. Atau memang punya sifat dasar cuek saja :D.

Selamat libur ya.

#terbukaatautertinggal