S3 EP 12 Usulan Kenaikan Jabatan Bagian 3: Yang Alamiah

Terima kasih sudah mendengarkan podcast bagian ke-1 dan bagian ke-2

Pada bagian ke-3 ini saya menceritakan alur alamiah yang justru ada pada bagian penelitian, khususnya publikasi.

Kuncinya adalah tinggal Anda mau atau tidak menulis. Masalah riset dan media jurnal yang akan dipilih bisa mudah, asal Anda memang mau menulis. Minimum dua saja (agar aman) artikel Anda terbit di jurnal internasional yang berdomisili di luar Asia Tenggara (agar aman), dan memiliki Journal Impact Factor min 0,5 atau masuk ke kuartil 1 Scimago. Ada lebih banyak jurnal yang masuk kuartil 1 Scimago dibanding yang memiliki JIF >= 0,5. Daftar Scimago juga bebas diakses tanpa akun berbayar, tidak seperti JIF. 

Makalahnya dapat ditulis berdasarkan peta jalan riset Anda yang dirancang secara sistematis sejak Anda masuk menjadi dosen, atau riset spontan. Idenya bisa dari Anda sendiri atau dari tugas akhir mahasiswa. Jadi jangan terlalu berat memikirkan tema apa yang cocok untuk dikirimkan ke jurnal yang dipersyaratkan. Anda juga dapat menggali ide dari makalah yang telah diterbitkan oleh jurnal tujuan. Cari judul/topik/tema yang paling lokal yang pernah ditulis oleh peneliti. Cari yang paling mudah dan sederhana untuk ditiru. Tidak perlu mencari yang paling sulit. Tidak akan ada manfaatnya untuk Anda. Yang ada, Anda akan terus mencari alasan untuk tidak mulai menulis.

Sekali lagi, pengusulan kenaikan pangkat/jabatan adalah proses yang kental nuansa administratif, jadi jangan terlalu dipusingkan dengan berbagai hal substansial. Itu hanya akan membuat Anda batal menulis.

Demikian podcast ini. Selamat mendengarkan. Semoga membantu.  

About the author

My current focus is how to provide the hydrostratigraphy of volcanic aquifers in Bandung area. The research is based on environmental isotope measurement in groundwater and morphometry. My work consists of hydrochemical measurements. I am using multivariate statistical methods to provides more quantitative foundation for the analysis and more insight into the groundwater behavior, especially its interaction with surface water. I use open source apps like R and Python to do the job. In my spare time, I also have a side project to promote open science in Indonesia's research workflow. One of my current focus is promoting INARxiv, as the first preprint server of Indonesia (osf.io/preprints/inarxiv) and serving as ORCID and OSF (osf.io) ambassador. Research interest: Hydrochemistry, multivariate analysis, and R programming. Blog: dasaptaerwin.net, derwinirawan.wordpress.com. (https://orcid.org/0000-0002-1526-0863)