Sebuah prakata

stack of books on the dark wood background. toning. selective focus on the middle book

 

 

 

 

 

(borrowed from: whytoread.com)

Berikut ini adalah prakata dari buku kami “Menulis (ilmiah) itu menyenangkan” (sedang proses cetak di Penerbit ITB)

Menulis sering menjadi “hantu” bagi banyak orang, khususnya untuk kalangan akademis. Padahal menulis mestinya tidak lebih sulit dari berbicara. Kalau anda bisa bercakap dan lawan bicara anda mengerti apa yang anda utarakan, maka sesederhana itulah menulis.

Kami menulis buku ini karena berpikir bahwa menulis adalah untuk semua orang. Yang diperlukan adalah keteraturan dan kesabaran. Diperlukan keteraturan karena ide sering muncul setiap saat, dan kesabaran karena ide sifatnya acak. Perlu waktu untuk menyusunnya secara sistematis.

Menulis dokumen ilmiah (scientific literature) juga sama, memerlukan keteraturan dan kesabaran. Buku ini menuntun anda untuk dapat menulis ilmiah dengan baik dan tujuan anda untuk menyebarkan ide dan hasil riset dapat tercapai.

Kami tidak menjanjikan bahwa anda akan mendapat Pulitzer atau Nobel setelah membaca buku ini, tetapi yakinlah anda mulai dapat menulis selancar anda berbicara. Anda juga akan yakin bahwa menulis makalah ilmiah tidaklah sesulit yang dibayangkan dan jauh lebih sederhana dari menulis novel.

Selamat menulis dari kami berdua
01 Maret 2016

Erwin dan Cut