Workshop 1/2 hari “Scicomm and citation management”

Buku hanyalah salah satu dari cara mendiseminasikan hasil riset. Kami dari Penerbit ITB bekerjasama dengan LPPM ITB menawarkan program workshop setengah hari berjudul “Scientific communication and citation management”. Kerangka workshopnya adalah sebagai berikut:

Bagian 1: scientific communication

Citation index atau indeks sitasi adalah salah satu indikator riset yang paling banyak digunakan termasuk di Indonesia. Angka tersebut menunjukkan sebanyak apa makalah kita digunakan oleh peneliti lain sebagai rujukan. Tapi bagaimanakah agar riset atau makalah kita mempunyai dampak yang lebih besar. Ternyata dengan menulis makalah dan mengirimkannya ke jurnal bereputasi baik dan menyampaikannya dalam seminar belumlah cukup. Bagian pertama dari Workshop ini akan membagikan pengalaman bagaimana cara mengkomunikasikan riset. Pertanyaan yang akan dijawab bersama:

1. Mengapa dosen/peneliti (D/P) perlu mendiseminasikan risetnya?
2. Apakah publikasi di jurnal dan seminar adalah satu-satunya cara?
3. Apa sajakah indikator research impact? Apakah impact factor masih relevan menjadi indikator utama?

Bagian 2: citation management

Citation atau sitasi atau rujukan adalah nama lain dari referensi. Hal ini adalah bahan baku riset. Kita dapat menentukan posisi riset kita bila telah melakukan telaah literatur. Saat ini telah banyak lahir piranti lunak pengelola sitasi atau citation manager yang gratis. Salah satunya adalah Zotero (www.zotero.org). Piranti lunak ini akan banyak membantu para penulis untuk menyimpan referensi ke dalam database, mencarinya kembali untuk dipelajari. Semuanya dapat dilakukan dalam satu aplikasi yang sama. Workshop ini akan membagikan info praktis mengenai konsep dan penggunaannya. Rincian materinya adalah sebagai berikut:

1. Mengapa jumlah sitasi penulis Indonesia rendah?
2. Bagaimana mengelola daftar oanjang citasi/referensi dalam suatu penelitian?
3. Bagaimana melakukan pencarian informasi literatur secara efektif, menyimpannya secara sistematis, membacanya dan merujuknya dengan baik, dan menyusun daftar pustaka dengan cepat.

Fasilitas: snack dan makan siang, koneksi¬†internet, workshop kit dan buku “Menulis (ilmiah) itu menyenangkan”.

About the author

My current focus is how to provide the hydrostratigraphy of volcanic aquifers in Bandung area. The research is based on environmental isotope measurement in groundwater and morphometry. My work consists of hydrochemical measurements. I am using multivariate statistical methods to provides more quantitative foundation for the analysis and more insight into the groundwater behavior, especially its interaction with surface water. I use open source apps like R and Python to do the job. In my spare time, I also have a side project to promote open science in Indonesia's research workflow. One of my current focus is promoting INARxiv, as the first preprint server of Indonesia (osf.io/preprints/inarxiv) and serving as ORCID and OSF (osf.io) ambassador. Research interest: Hydrochemistry, multivariate analysis, and R programming. Blog: dasaptaerwin.net, derwinirawan.wordpress.com. (https://orcid.org/0000-0002-1526-0863)