Telaah singkat Permenristekdikti No. 20 Tahun 2018 tentang Penelitian (v1)

Telaah singkat Permenristekdikti No. 20 Tahun 2018 tentang Penelitian

Oleh Dasapta Erwin Irawan (GS, ORCID)

Telaah singkat versi 1.0 ini merupakan bagian dari dokumen IDRI (Ikatan Dosen Republik Indonesia) yang disampaikan ke DPR RI hari ini. Versi PDF dan DOCX nya akan tersedia daring di Repositori ITB.

Dipinjam dari Pexels (CC-0)

Konteks yang disampaikan di sini adalah bahwa regulasi tentang penelitian di Indonesia perlu menyeluruh dan lebih mendorong penyebaran informasi kepada masyarakat Indonesia sendiri. Berbagai aplikasi riset pasti akan lebih bermanfaat bila disampaikan dengan berbagai cara kepada masyarakat (misalnya yang biasa disampaikan oleh Puspiptek Ristekdikti), ketimbang mensyaratkan publikasi di jurnal internasional sebagai syarat yang mendominasi berbagai skema riset. Semoga telaah singkat ini bermanfaat.

Continue reading Telaah singkat Permenristekdikti No. 20 Tahun 2018 tentang Penelitian (v1)

How to extend data’s lifetime

I-Click 2018 - How to extend your data's lifetime

How to extend data’s lifetime (original image)

Penulis: Dasapta Erwin Irawan, Santirianingrum Soebandhi, Fierly Hayati, Cahyo Darujati, Deffy Ayu Puspito Sari. Preprint is available as preprint at the INArxiv.

Presentasi ini akan sangat terkait dengan artikel kami berjudul “Promoting data sharing among Indonesian scientists: A proposal of generic university-level Research Data Management Plan (RDMP)” yang terbit di RioJournal Continue reading How to extend data’s lifetime