Membicarakan SINTA (19 Feb 19)

Membicarakan SINTA

Untuk menghangatkan suasana, laman ini saya buat. Untuk menyebarkan dan memperluas informasi serta kesempatan, dua dokumen ini saya buat.

Penjaringan masukan

Ini dokumen yang menghimpun berbagai saran, masukan, dan kritik tentang SINTA. Dokumen ini terbuka dan hidup (live), silahkan berkontribusi. Di bagian akhir akan saya tambahkan catatan hasil pertemuan.

<<tautan>>

Slide presentasi

Kalau yang ini adalah rancangan tayangan hidup (live) yang akan saya sampaikan. Masih berproses, jadi tiap hari akan berubah. Kebiasaan ini perlu dibudayakan.

Kebiasaan saat ini, presentasi hanya dapat dinikmati oleh hadirin yang hadir. Ini upaya saya (dan harusnya presenter lain) agar materi dapat diperoleh oleh yang tidak hadir secara langsung di tempat. Alasan lainnya adalah karena panjang/pendeknya usia kita tidak ada yang tahu.

<< tautan ke materi presentasi lengkap >>

Jadi bagikan selagi bisa dengan sepenuh hati.

Sebagian slide juga telah ditulis dalam Bahasa Inggris yang diunggah ke Repositori Figshare.

Youtube video

Video siaran langsung (live) Youtube ini merupakan cadangan dari siaran langsung Instagram yang dilakukan oleh panitia. Video terdiri dari tiga bagian:

Bagian 1 dimulai sejak akhir presentasi Pak Mikra, hingga terjadi padam listrik di tengah acara.

Bagian 2 dimulai sejak listrik kembali menyala hingga break ishoma makan malam.

Bagian 3 dimulai setelah break ishoma hingga akhir acara (sesi QA).

Beberapa catatan visual

About the author

My current focus is how to provide the hydrostratigraphy of volcanic aquifers in Bandung area. The research is based on environmental isotope measurement in groundwater and morphometry. My work consists of hydrochemical measurements. I am using multivariate statistical methods to provides more quantitative foundation for the analysis and more insight into the groundwater behavior, especially its interaction with surface water. I use open source apps like R and Python to do the job. In my spare time, I also have a side project to promote open science in Indonesia's research workflow. One of my current focus is promoting INARxiv, as the first preprint server of Indonesia (osf.io/preprints/inarxiv) and serving as ORCID and OSF (osf.io) ambassador. Research interest: Hydrochemistry, multivariate analysis, and R programming. Blog: dasaptaerwin.net, derwinirawan.wordpress.com. (https://orcid.org/0000-0002-1526-0863)