Memvisualisasikan sitasi

Author:

How to cite this post

Irawan, D. and Priyambodho, A. (2016). Memvisualkan rujukan: Analisis bibliometrik riset air tanah Jakarta, Figshare repository, doi: 10.6084/m9.figshare.3275953.

This post will be formally published as open access papers in Indonesian Journal of Geosciences

Irawan, D. and Priyambodho, A. (2016). Visualising Groundwater Research in Jakarta: a bibliometric of 1987-2016 scholarly documents. Indonesian Journal of Geosciences.

Daftar pustaka cenderung membosankan

Daftar pustaka adalah satu-satunya bagian dari suatu dokumen ilmiah yang mungkin mendapat perhatian yang paling rendah. Dibuatnya selalu yang paling akhir, betul begitu? Akibatnya sering terjadi kesalahan dalam rujukan dalam teks maupun saat membuat daftar rujukannya.

Semestinya tidak demikian. Justru daftar pustaka adalah bagian paling awal dibuat saat kita membuat karya ilmiah. Mengapa bisa begitu? Jelas harus begitu, karena pada tiap tahapan kita pasti akan mencari referensi. Kegiatan mencari rujukan atau referensi inilah pada dasarnya kita sedang membuat Daftar Pustaka.

Telaah bibliometric

Istilah bibliometric study mungkin masih jadi hal baru di Indonesia. Saya belum pernah menemukan judul makalah yang mengandung kata-kata tersebut. Oleh karenanya akan menarik bila saya mengaplikasikan teknik ini untuk bidang ilmu saya, hidrogeologi.

Berikut ini adalah definisi bibliometric study atau sering disetarakan dengan istilah scientometric. Berikut adalah definisinya menurut Wikipedia bibliometric dan scientometric:

Bibliometrics is statistical analysis of written publications, such as books or articles.

Scientometrics is the study of measuring and analysing science, technology and innovation. Major research issues include the measurement of impact, reference sets of articles to investigate the impact of journals and institutes, understanding of scientific citations, mapping scientific fields and the production of indicators for use in policy and management contexts.

Beberapa hari ini saya sedang intensif mengevaluasi referensi tentang air tanah Jakarta, berkaitan dengan joint authorship dengan seorang rekan yang sedang menuntut ilmu di Delft University Belanda. Visualisasi referensi/sitasi sangat penting untuk dapat mengevaluasi jumlah dokumen, intensitas penulis, serta keterkaitan antar penulis. Salah satu hasil visualisasinya dengan http://www.vosviewer.com/ (Van Eck and Waltman, 2010) adalah sebagai berikut. Terlihat bahwa justru penulis luar negeri lebih banyak dibanding penulis dalam negeri untuk makalah hasil pencarian dengan kata kunci “Groundwater Jakarta”. Literature review bisa jadi menarik.

Bagaimana kami melakukannya

Bagian ini akan ditambahkan. Pada dasarnya kami menggunakan piranti sebagai berikut:

  • database saintifik: Google Scholar, Crossref, dan Scopus (hanya dapat digunakan di dalam jaringan ITB)
  • aplikasi reference manager: Zotero yang dilengkapi plug in Paper Machine.
  • aplikasi berbasis Java Vosviewer dari www.vosviewer.com. Sebuah perkakas yang dibuat oleh tim dari University of Leiden.

Kami menggunakan kata kunci “groundwater Jakarta” pada masing-masing database saintifik. Kata kunci tersebut berada di judul, abstrak, dan kata kunci. Data publikasi yang didapatkan diunduh citation info-nya dengan memasukkan data paper dan referensinya. Metadata paper kemudian disimpan sebagai RIS file. File RIS tersebut kemudian diimpor ke dalam aplikasi Vosviewer.

Beberapa makalah yang menginspirasi blog post ini adalah sebagai berikut:

  • Leeds University Library (2014) dan Thomson Reuters (2016) telah menerbitkan buku tentang panduan bibliometrik.
  • Ziegler, B. (2016) menyampaikan contoh analisis bibliometrik untuk bidang energi terbarukan.
  • Fang, Y. (2004) dan Scwartz dan Ibaraki (2001) menulis tentang contoh analisis bibliometrik di bidang hidrogeologi, serta Zhai et al. (2015) menulis tentang kemajuan pendidikan sains air tanah di Cina melalui analisis bibliometrik
  • Van Eck and Waltman (2009, 2011, 20113, 2014) sebagai pembuat aplikasi Vosviewer menyampaikan manual book dan pemanfaatannya untuk keperluan mengekstraksi jejaring saintifik, pemetaan topik riset, serta visualisasi rujukan.

 

Inilah beberapa hasilnya

Gambar peta densitas di bawah ini adalah hasil analisis yang memperhitungkan seluruh paper, baik yang berhubungan (kaitan sitasi), maupun yang tidak berhubungan (tidak berkaitan sitasi). Makin merah makin rapat, dan makin hijau makin jarang. Dalam gambar tersebut akan ada 47 cluster paper bila disortasi berdasarkan kata kuncinya. Terlalu ruwet bukan. Tapi beginilah kondisi makalah ilmiah, di dalam negeri (lihat nama-nama penulis dari Indonesia) dan di luar negeri sekalipun (lihat nama-nama penulis dari Jepang dll). Berikut bila ditampilkan dengan cara lain, yaitu dengan menampilkan nodes nama penulis.

Screen Shot 2016-04-30 at 5.31.38 AM

Screen Shot 2016-04-30 at 5.37.13 AM

Gambar 1 Visualisasi density map dan nodes para penulis skenario 1

Selanjutnya bila kita saring dengan kriteria paper yang memiliki hubungan sitasi, maka jumlah cluster berubah drastis menjadi hanya lima seperti pada dua gambar di bawah ini. Cluster paper berdasarkan topik (kata kunci) yang terdeteksi terdiri dari (lihat gambar paling bawah):

  1. fenomena termal air tanah (urban heat island)
  2. kualitas air di daerah urban (urban water quality)
  3. interaksi air sungai dan air tanah di daerah aluvial (groundwater-river water interaction)
  4. pemompaan air tanah (groundwater pumping)
  5. penurunan muka tanah (land subsidence)

Screen Shot 2016-04-30 at 5.41.26 AM

Screen Shot 2016-04-21 at 10.51.26 AM

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2 Visualisasi density map dan nodes para penulis skenario 2

FullSizeRender

 

 

 

 

 

Gambar 3 Skema tematik penulis

exwordcloud1

Gambar 4 Contoh word cloud hasil analisis Zotero-PaperMachines. Kata-kata dengan ukuran besar berarti memiliki frekuensi tertinggi.

keterkaitanKata

Gambar 5 Contoh keterkaitan kata kunci hasil analisis Zotero-PaperMachines. Anak panah yang tebal menunjukkan frekuensi keterkaitan hubungan kata yang lebih besar dari yang lain.

Daftar pustaka

  1. Van Eck, N.J. and Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523-538, [online] Available at: http://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11192-009-0146-3 [Accessed 1 May 2016].
  2. Van Eck, N.J. and Waltman, L. (2010).Text mining and visualization using VOSviewer, ArXiv preprint:1109.2058, [online] Available at: http://arxiv.org/abs/1109.2058v1.
  3. Van Eck, N.J. and Waltman, L. (2013). VOSviewer manual book, [online] Available at: http://www.vosviewer.com/documentation/Manual_VOSviewer_1.6.1.pdf.
  4. Zahedi, Z. and Van Eck, N.J. (2014). Visualizing readership activity of Mendeley users using VOSviewer, Figshare reposity, [online] Available at:Visualizing readership activity of Mendeley users using VOSviewer. In altmetrics14: Expanding impacts and metrics, Workshop at Web Science Conference.
  5. Eck, N. J. P. and Waltman, L. (2009). VOSviewer: A computer program for bibliometric mapping (No. ERS-2009-005-LIS). ERIM Report Series Research in Management.
  6. Leeds University Library (2014), Bibliometrics: an overview, [online] Available at: https://library.leeds.ac.uk/downloads/file/265/bibliometrics_an_overview, [Accessed: 1 May 2016].
  7. Ziegler, B. (2016). Methods for Bibliometric Analysis of Research: Renewable Energy Case Study. [online] MIT library. Available at: http://web.mit.edu/smadnick/www/wp/2009-10.pdf [Accessed 4 May 2016].
  8. Thomson Reuters: publications. (2016). WHITEPAPER USING BIBLIOMETRICS: A guide to evaluating research performance with citation data. [online] Available at: http://ip-science.thomsonreuters.com/m/pdfs/325133_thomson.pdf [Accessed 4 May 2016].
  9. Fang, Y. (2004). Scientific research impact and data mining applications in hydrogeology. The Ohio State University. [online] Available at: http://dl.acm.org/citation.cfm?id=1048351 [Accessed 4 May 2016].
  10. Schwartz, F. and Ibaraki, M. (2001). Hydrogeological Research: Beginning of the End or End of the Beginning?. Ground Water, 39(4), pp.492-498.
  11. ZHAI Yuan-zheng, JIANG Shi-jie, TENG Yan-guo, WANG Jin-sheng, GU Hong-biao, XIE Liang, YIN Zhi-hua (2015). Thirty years (1984-2014) of groundwater science teaching and research in China: A dissertation-based bibliometric survey. (2016). Journal of Groundwater Science and Engineering, [online] 3(3), pp.222-237. Available at: http://gwse.iheg.org.cn/EN/abstract/abstract190.shtml [Accessed 4 May 2016].
  12. Zotero Team (2014). Zotero: a Citation Manager [Computer software]. Available at: http://zotero.org.
  13. Guldi, J. and Roberson, C.J. (2011), Paper Machines: Plugin to Zotero [Computer software]. Available at: http://papermachines.org/.