Format sitasi tesis/disertasi dan gaya selingkung ITB

Yth Ibu Bapak dosen ITB.

Barangkali belum mengetahui info ini. Panduan penulisan tesis dan disertasi ITB dapat dilihat di http://www.sps.itb.ac.id/in/pedoman-tesis-dan-disertasi/.

Ikon “cite” (https://en.wikipedia.org/wiki/File:VisualEditor_-Icon-_add-citation.svg, CC-0)

Hal lainnya adalah SPS ITB juga telah meluncurkan gaya selingkung (citation style) ITB yang sangat diperlukan agar format penulisan Daftar Pustaka menjadi konsisten.

Kalau dulu membuat Daftar Pustaka dilakukan secara manual, sekarang dengan batuan aplikasi pengelola referensi seperti Zotero (http://zotero.org), Mendeley (mendeley.com), EndNote, maka pembuatannya dapat dilakukan secara otomatis. Untuk itu diperlukan file pengatur gaya selingkung.

SPS menyimpan panduan untuk menggunakan gaya selingkung di laman ini http://www.sps.itb.ac.id/in/csl/. Bila diperhatikan, tutorialnya ditulis dengan contoh aplikasi Zotero (zotero.org).

Kenapa? Karena gratis dan kodenya terbuka. Mendeley adalah aplikasi lainnya yang juga gratis.

Saya merekomendasikan Zotero, karena aplikasi ini berbasis komunitas dan tidak berafiliasi ke perusahaan komersial. Sebagai catatan, Mendeley diakuisi oleh Elsevier beberapa tahun lalu.
Jadi sudah jelas alasan kenapa saya tidak menggunakan Mendeley. :).

Untuk lebih memasyarakatkan gaya selingkung ITB, mohon bantuan ibu dan bapak untuk menyampaikannya ke para mahasiswa. Selamat mencoba gaya selingkungnya. Mohon komentar bila sekiranya dokumen ini ada kekurangan atau komentar positif bila ini dapat membantu ibu dan bapak atau mahasiswanya menulis tugas akhir di ITB.

Sebagai gambaran, kegiatan berikutnya adalah pembuatan format tesis/disertasi berbasis LATEX menggunakan platform penulisan gratis Overleaf (overleaf.com).

Bila ada pertanyaan atau komentar tentang penggunaan gaya selingkung, dapat dikirimkan ke saya: d_erwin_irawan@yahoo.com.

Terima kasih.

Salam,
Erwin
KKGT/FITB

Tambahan:
Ada tiga dokumen yang mungkin bermanfaat:
  1. Tulisan pendek yang menjelaskan gaya selingkung (ditulis Agustus 2015) http://dasaptaerwin.net/wp/2015/08/wtf-apakah-csl-itu-2.html
  2. Tutorial singkat penggunaan Zotero (ditulis Oktober 2014) https://www.slideshare.net/d_erwin_irawan/introduction-to-zotero-reference-manager
  3. Tutorial lengkap pengelolaan referensi (ditulis Januari  2015) https://www.slideshare.net/d_erwin_irawan/reference-management-course-2015-complete-materials