KK GT telah mengadakan Forum Jawa Barat Selatan[info lembaga] KK GT telah mengadakan Forum Jawa Barat Selatan

KK Geologi Terapan telah menginisiasi kerjasama bersama Pemprov Jabar melalui Bapeda Jabar mengenai perencanaan wilayah Jawa Barat selatan. Acara tersebut telah diadakan pada Hari/Tgl Rabu, 23 Mei 2007 di Bumi Sawunggaling. Acara ini dibuka oleh Prof. Sudarto Notosiswoyo selaku Dekan FIKTM dan dihadiri lebih dari 40 peserta. Empat orang nara sumber telah memaparkan hasil kajian awal masing-masing, terdiri dari: Dr. Prihadi Sumintadireja dari KK Geologi Terapan, Dicky Saromi, MSc dari Bapeda Jabar, Ir. Dewi dari Distamben Jabar, dan Prof. Djoko Sujarto dari Planologi ITB.

Selengkapnya di http://www.fiktm.itb.ac.id/kk-geologi_terapan/?p=47

PEMBUKAAN PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNIK AIRTANAH

Meneruskan berita dari www.fiktm.itb.ac.id.Program Studi Magister Teknik Airtanah adalah program studi baru di ITB yang berfokus pada Hidrogeologi akan mulai beroperasi mulai Semester I-2007/2008. Calon mahasiswa adalah lulusan sarjana dari Program Studi Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Geofisika, Geofisika dan Meteorologi, Teknik Perminyakan, Teknik Sipil, Geografi Fisik, Teknik Lingkungan serta Fisika Bumi.

Untuk angkatan pertama, Program Studi Magister Teknik Airtanah memberikan Beasiswa Unggulan dari Departemen Pendidikan Nasional untuk 20 calon mahasiswa yang lolos seleksi. Beasiswa ini diutamakan bagi Sarjana dengan prestasi yang sangat memuaskan atau karyawan Pemerintah Daerah, LSM dan industri di lingkungan yang relevan dengan pengelolaan airtanah.

Persyaratan pelamar:
TOEFL atau tes yang setara dengan nilai minimal 450
Tes Potensi Akademik (TPA) minimal 450.

Bagi yang berminat dapat mengirimkan surat lamaran dengan lampiran:
1) Transkrip S1
2) Hasil TOEFL
3) Hasil Tes Potensi Akademik
4) Abstrak rencana penelitan (lebih diutamakan)

Melalui pos ke:
Sekretaris Program Studi Magister Teknik Airtanah
Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknik Mineral Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10 Bandung 40132

Melalui fax ke no 022-2504209,

Melalui email ke:

airtanah@fiktm.itb.ac.id cc: lew@mining.itb.ac.id .

Surat lamaran selambat-lambatnya dapat kami terima tanggal 30 Juni 2007.

OOT : Peugeot 402 Andreau N4X

All,
Mungkin diantara kita g’ pernah kenal dengan Peugeot 402 yang seperti mobil Batman? dengan 2 kaca belakang yang dibelah dengan wing vertical. Saya coba kutip dari buku Armand Peugeot, publisher Automobilia by Piero Casucci page #150 dan Peugeot Since 1810 page #28.

“402 direlease October 1935 di Paris Motor Show dengan spesifikasi 4 Cyl, 1720cc, 44HP, 100kph. Era kelahiran 402 ini merupakan titik awal sejarah Peugeot dan akan merupakan cikal bakal lompatan jauh kedepan di antara semua competitornya. Tahun 1935 telah diperkenalkan body yang aerodinamis yang terkenal dengan nama “Sochaux Rocket”. Ide ini di-ilhami oleh bentuk tetesan air serta grille yang berbentuk tameng jari2 vertical untuk melindungi lampu depan. Terbukti seri ini paling populer dalam sejarah penjualan Peugeot, lebih dari 42.000 units diproduksi dalam kurun waktu 3 tahun (2083 units dalam bentuk Taxi)”

Dari obsesi awal inilah & nasib baik masih memayungi serta memberi jalan setelah 6 tahun memantau mahluk 402 Andreau N4X since 2002 early, akhirnya dengan pertarungan alot berhasil juga dipinang dari kandangnya dikawasan utara Jakarta. Jadi belajar sejarah juga lihat otentik barang sejarahnya..

.huhehehehehe
enjoy !

[info riset] Seminar Hasil Penelitian DP2M DIKTI

Seminar hasil penelitian DP2M Dikti telah dilaksanakan pada hari Kamis 7 Juni 2007. KKGT mempunyai dua penelitian yang dipresentasikan pada acara tersebut:
1) HIBAH BERSAING XIV Relasi Hidrodinamika Air Sungai dan Airtanah sebagai Dasar Pengelolaan Airtanah Berbasis Akifer secara Terintegrasi pada DAS Ciliwung. Slide Hibah Bersaing
2) HIBAH TIM PASCA SARJANA Hidrogeologi Kawasan Gunungapi Strato Studi Kasus: G. Ciremai, G. Tangkuban Perahu, G. Gede Prov. Jawa Barat, dan G. Karang Prov. Banten. Slide Hibah Pasca

Selengkapnya dapat dilihat di situs http://www.fiktm.itb.ac.id/kk-geologi_terapan/?p=55

[info Pengabdian Masy] Ceramah Pengelolaan Airtanah berbasis Cekungan Airtanah Distamben Jateng

Pada hari Rabu, 13 Juni 2007 akan diadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Airtanah bagi Pengebor/Pengguna Airtanah di Jawa Tengah di Semarang. Prof. Deny Juanda diminta untuk menyampaikan judul paparan MANAJEMEN PENGELOLAAN AIRTANAH BERBASIS CEKUNGAN AIRTANAH (CAT) DAN AKIFER: Peranan Juru Bor untuk Mendapatkan Data Pemboran yang Berkualitas. Paparan dalam format pdf akan segera tersedia di http://www.fiktm.itb.ac.id/kk-geologi_terapan/?p=58 .

The immunization

Melangkah bulan ke-2, Radit sudah semakin besar, badannya pun sudah tambah berat. Gizi dari susu formula yang kami berikan diserapnya habis. Hingga rambut yang baru 3 minggu dicukur habis oleh eyangnya pun sudah mulai tumbuh. Tambah ganteng anak kami. Kulitnya pun semakin terlihat putih jauh dengan warna merahnya saat lahir. Tingkahnya pun semakin banyak. Tidak lagi sekedar bangun untuk mencari puting susu kesayangannya.

 

Ada kejadian menarik sewaktu imunisasi DPT pertamanya. Pak Dokter, bernama Nurachim, menjelaskan bahwa imunisasi DPT ada 2, menurut istilah populernya, DPT panas dan dingin. DPT dingin adalah jenis vaksin DPT yang tidak menimbulkan demam ke sang Immunee. Sebaliknya DPT panas ada vaksin jenis lama yang menimbulkan deman 1 – 2 oC ke bayi. Menariknya, untuk DPT dingin yang 5 kali lipat lebih, masih terdapat 4% bayi yang tetap menimbulkan demam. Si Dokter merasa perlu menjelaskan hal ini untuk menghindari protes dari para ayah dan ibu yang sewot krn sudah bayar lebih mahal. Singkatnya, bila anak anda panas, maka anak anda masuk ke 4% tersebut. Kami tunggu reaksinya.

Payahnya, Sang Pangeran Matahari masuk ke 4% itu. Walaupun begitu tingkat kerewelannya masih normal. hehe pendeknya, kami memutuskan untuk memberi vaksin panas pada imunisasi DPT selanjutnya.<temporary end, juanda sby 13/06/07>