25/01 share khutbah Jumat

25/01 Khutbah Jumat

Memahami setiap ibadah yang dilakukan

Khotib menekankan agar kita selalu memahami setiap ibadah yg kita lakukan. Rasulullah selalu mencontohkan bentuk-bentuk ibadah yang generik dan bisa dilakukan oleh setiap orang dan kelompok umur. Beliau selalu mencontohkan amalan yang sederhana tapi konsisten dilakukan rutin setiap hari. Pertanyaannya utk yg sederhana saja umat Islam sering tdk mampu mencontoh.

Bagaimana Rasul membina keluarga dan merefleksikan manajemen keluarga saat memimpin umat. Kepala keluarga menanggung beban berat, dosanya sendiri, dosa istri, anak dll.

Menjadi pemimpin sangatlah berat. Dimulai dgn mengubah akhlak pribadi sesuai dgn kapasitasnya masing- masing. Belajar jujur mulai sekarang dan manjadi pemimpin dlm skala terkecil.

Semoga menjadi pembelajaran utk kita semua.

Salam
@d_erwin_irawan

20130125-123243.jpg

komunikasi eksekusi sosialisasi

Ada banyak masalah minggu-mimggu terakhir ini. Semuanya, kalau menurut saya, disebabkan maslaah komunikasi. kata-kata yang baik saja kalau disampaikan dengan cara yang salah juga akam menimbulkan masalah. Apalagi kalau dengan kata-kata yang salah atau bahkan tanpa kata-kata dan peringatan sebelum dieksekusi. No matter how big or small your organization, it still needs intensive communication. Kita tunggu saja bagaimana penyelesaiannya.

Taitan berikut ini bisa dipelajari http://sigmaprocessexcellence.wordpress.com/2013/01/06/healthy-organizational-culture-for-business-success/

floods and water containment business

Just recently, Jakarta and many places in Indonesia got hit by massive floods that stops all activities. Even our presidential palace is flooded 30cm high.
Millions of Rupiah have also disappear for many flood-prevention projects. Multipurpose Deep Tunnel will be the next mega project. I am wondering if we can promote a new and innovative line of business, Water Containment business.

hmmm these kinds of process is very much needed here ūüôā https://en.wordpress.com/reader/mobile/v2/?chrome=noy

18/01/13 sharing khutbah Jumat

18/01/13 sharing khutbah Jumat

20130118-122914.jpg

Insya Allah mulai minggu ini sy upayakan utk membagi khutbah jumat yg sy hadiri. Semoga menjadi amalan dan pelajaran yg baik utk kita semua. Maaf bila ada salah interpretasi dan salah ketik krn mmg blm diedit dgn baik.

Banyak bencana krn kelalaian manusia. Selain ada sebab ilmiah jg ada sebab yg sifatnya spiritual. Akar masalah di tingkat keimanan warga. Krn keimanan yg tinggi akan tercermin kpd perilaku sehari2. Yg mana perilaku keseharian inilah yg secara langsung menyebabkan mis management dan akhirnya menyebabkan ada bencana yg mestinya dpt ditanggulangi bersama.

Banyak warga yg beriman tetapi tetap diberi cobaan, salah satunya krn warga yg beriman acuh tak acuh the kemunkaran yg berlangsung di sekitarnya.

Pertanyaan Umar BK kpd warganya yg kena musibah adalah “kemaksiatan apa yg sdh dilakukan?” ini sering tek dilakukan oleh pemimpin saat ini. Hanya masalah teknis rasional yg dipertanyakan. Jd hrs segera dihentikan keraguan mengenai apakah keimanan menjadi penyebab datangnya bencana. Krn jawabannya adalah “betul berkaitan” dan cepat atau lambat akan terbukti.

Mengapa daftar pustaka penting?

 

mac and coffee and many scratches
mac and coffee and many scratches

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This post is related to:

  1. Bibliography part 1 and 2 at: onlinewaterbook.wordpress.com

  2. Mencari judul: at this blog

 

Mengapa daftar pustaka (DF) penting? Sama pentingnya dengan Bab Kesimpulan… Karena DF merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam suatu dokumen.

Beberapa tautan berikut dapat dikunjungi:

—- http://www.lc.unsw.edu.au/plagiarism/citation.html

(Citations are not used simply to avoid plagiarism; they have other important roles too.

By citing the work of a particular scholar you acknowledge and respect the intellectual property rights of that researcher. As a student, or an academic, you are free to use any of the millions of ideas, insights and arguments published by other writers, many of whom have spent years of hard work researching and writing. All they ask is that you acknowledge their contribution to your assignment. This doesn‚Äôt seem like too much, does it? ….. )

—-¬†http://www.cite.auckland.ac.nz/index.php?p=why_reference

(Why do you need to reference?¬†There are many reasons why referencing is important, go to the¬†Home page¬†and check out the view points given in the short videos or check out the ideas listed below:¬†To distinguish your own ideas from those of someone else;¬†To cite different points of view……)

—–¬†http://www.usq.edu.au/extrafiles/ltsu/templates/ltsu_templates/referencing.htm

(Why is referencing important?¬†Referencing properly is one of the most important aspects of writing in a university context. This is not because universities have an obsession with process and structure, but because referencing is directly linked to the most important function of universities:….)

Melihat “apa kata orang lain” di atas, maka wajarlah kalau anda mengawali menulis dari Daftar Pustaka. ¬†Setidaknya anda bisa memahami apa yang ada di kepala van Bemmelen (http://en.wikipedia.org/wiki/Reinout_Willem_van_Bemmelen dan http://fosi.iagi.or.id/tecsed/tecsed-inmemoriam.htm) saat melihat Zona Bogor atau Zona Bandung.

Beberapa referensi tentang HRD dan action researcher

Pdf file berikut ini adalah beberapa referensi tentang HRD dan action researcher, berkaitan dengan salah satu tugas pembinaan. Sayang kalau tidak dibagikan. Silahkan dibuka-buka.

 

Definisi Human resource development

 

Mengapa perlu HRD

Beberapa hal penting

Definisi Action research

Lima fase dalam Action Research

Mengapa melakukan %22action research

Peran %22action researcher

Prinsip %22action research

Referensi

 

 

Mencari judul

Post ini berkaitan dengan:
Bibliography Part 1 dan Part 2
At: onlinewaterbook.wordpress.com

Bila anda berpikir judul tugas akhir anda (khususnya untuk ilmu geologi) harus sama sejak awal maka anda salah. judul dapat saja berubah sejalan dengan waktu, ditentukan oleh cukup atau tidaknya data yang dapatkan di lapangan. Bahkan untuk beberapa kasus, malah berganti topik khusus atau justru tidak memiliki topik khusus atau geologi umum saja. Namun jangan pula berpikir skripsi geologi umum kastanya lebih rendah.

Agar judul atau topik anda lebih terarah, sangat disarankan agar anda mengkaji literatur yang sudah ada, dari zaman van Bemmelen sampai zaman online jurnal. Bahkan koran dan website portal berita jangan dianak-tirikan. Buka dan baca semuanya. Karena inilah saya memunculkan jargon “mulailah tugas akhir dari daftar pustaka”.

Jangan lupa juga cek perpustakaan Prodi dan perpustakaan Badan Geologi. Pada saat mencari literatur camkan dalam pikran anda bahwa anda bukanlah orang pertama yang akan melakukan riset atau melakukan tugas akhir. Tapi anda mungkin yang pertama melihat bukti ketidak selarasan di lapangan atau melihat bahwa batas geologinya bergeser karena skala peta literaturnya terlalu kecil. Serta kemungkinan besar para penguji di ruang sidang belum pernah melihat dan beliau-beliau ingin belajar dari anda. Bukankah akan lebih bermartabat kalau anda bilang sudah membaca sekian publikasi, sekian puluh website dll saat sidang.

Dalam pencarian informasi akan selalu memerlukan kata kunci. Nah sekarang bagaimana mencari kata kuncinya. Kata kunci dapat berupa daerah atau lokasi yang pertama kali menarik minat anda atau topik khusus yang dari awal anda senangi. Atau anda sama sekali belum mempunyai gambaran daerah dan topik. Tidak masalah karena anda dapat langsung menggunakan kata kunci misalnya: “geologi di Indonesia” atau “geologi di Pulau Sumatera”. Carilah di Google terlebih dahulu sebelum anda mencari di sumber-sumber offline. Baca berbagai informasi yang ada. Catat di log book khusus, jangan di atas kertas bekas atau malah tissue. Jangan lupa mencatat alamat website atau nama instansinya. Setelah itu timbang-timbang di mana anda lebih cocok untuk melakukan tugas akhir dan apa topiknya. Jangan lupa juga lihat transkrip, setidaknya topik khusus yang anda pilih adalah yang nilai kuliahnya relatif lebih bagus dibanding kuliah tentang topik yang lain. Memang cara ini agak aneh tapi lumayan membantu saat anda sama sekali tidak punya ide. Dan ingat, bisa saja anda berangkat ke lapangan dengan skenario skripsi geologi umum, tapi pada akhirnya sidang dengan skripsi bertopok mikropaleontologi.

Jadi lakukan apapun cara yang bisan dilakukan, asal jangan melamun saja dalam mencari ide skripsi. Mungkin cara itu berlaku untuk mahasiswa prodi lain, tapi jelas tidak berlaku untuk anak geologi ūüôā

Selamat mencari topik dan judul.

Memulai skripsi dari Daftar Pustaka

Pagi ini ada pengalaman baru untuk di-share. Ingat pesan saya beberapa posting yang lalu “Memulai skripsi dari Daftar Pustaka”, nah pagi ini terbukti bahwa kesalahan di Daftar Pustaka sangat fatal dan mungkin saja bisa menyebabkan batal sidang. Sekali lagi saya menekankan bahwa sebelum tugas akhir dimulai, maka kumpulkanlah referensi selengkap mungkin dan se-sistematis mungkin. Belilah log book skripsi yang berisi catatan referensi, catatan-catatan pikiran, analisis sementara, dugaan-dugaan, sketsa, jadual janji dengan pembimbing, catatan konsultasi dengan pembimbing. Jangan lupa beli map binder untuk mengarsipkan fotokopi rujukan yang berhasil didapatkan. Buatlah file daftar pustaka sesuai dengan rujukan yang anda dapatkan. Nantinya jumlah daftar judul dalam Daftar Pustaka akan terus berkurang berdasarkan rujukan mana yang anda sebut dalam teks. Rujukan yang tidak disebutkan dalam teks dapat dihapus saja.

Berikut ini adalah peta indeks penelitian terdahulu sebagai alat untuk membantu anda menggambarkan berbagai penelitian yang pernah dilakukan di daerah tugas akhir anda.

Peta Indeks Penelitian Terdahulu
Peta Indeks Penelitian Terdahulu