Pengenalan “research data management”

Data adalah salah satu output riset yang dapat dipublikasikan secara luas. Tapi anda akan perlu membuat rencana “Research Data Management”.

Saya juga masih belajar tentang hal ini. Berikut ini adalah slide paparannya, hasil belajar dari beberapa universitas dan lembaga riset. Selain itu ada beberapa komentar dalam Bahasa Indonesia yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang terbatas.

Yang penting ada check list dari University of Sydney Library sebanyak 20 pertanyaan yang dapat anda gunakan sebagai panduan.
Kalau anda merasa perlu merujuk slide tersebut anda dapat menuliskannya seperti ini (sesuaikan dengan gaya selingkung yang anda perlukan):
Irawan, DE (2017): A light introduction to research data management. figshare. DOI: https://doi.org/10.6084/m9.figshare.5418694.v1
Saya membuat slide ini dengan LATEX dengan Overleaf, sebuah layanan penulisan dokumen daring yang gratis (sampai batas spasi tertentu, saya punya jatah 1GB gratis sebagai early adopter, pengguna awal).
Bila anda ingin melakukan forking atau menduplikasi file LATEX sumbernya untuk anda sunting sesuai kebutuhan anda, silahkan berkunjung ke tautan Overleaf ini. Saya akan terus menyunting file ini, karena informasi dan pengetahuan akan terus berkembang.
Semoga bermanfaat.
Teruslah belajar dan bagikan untuk menuai pahala, karena sepanjang apa usia kita, tidak ada yang tahu.
Yes we run INARxiv, the preprint of Indonesia.
We open 24-7.