tsunami sunda: ternyata sudah ada banyak yang menulis

turut berduka cita untuk seluruh masyarakat banten dan lampung.

beberapa hari setelah tsunami menerjang, banyak sekali yang membagikan PDF artikel oleh Giachetti dkk (2012) ini. artikel itu diterbitkan oleh Geological Society of London yang sifatnya berbayar (lihat catatan) dengan tautan asli di sini, sebelum akhirnya dibagikan oleh penulisnya di akun ResearchGatenya.

catatan: terima kasih untuk kawan FB saya, Indra Wibisana yang memberikan tautan OA dari artikel ini). Indra juga berhasil menemukan dua artikel lainnya: http://repo.kscnet.ru/1328/1/tsun-2014.pdf dan http://repo.kscnet.ru/1329/1/Paris_2014.pdf

saya penasaran, masak tidak ada satupun orang Indonesia yang menulis tentang potensi tsunami selat sunda. saya coba menggunakan Portal Garuda dan menemukan artikel ini.

lebih jauh lagi, saya mencoba menggunakan basis data BASE, dan menemukan daftar ini. BASE juga mengindeks repositori dan server preprint kalau tidak salah.

berikut ini tabel ringkasannya.

(tautan ke tabel)

silahkan disimak satu-satu. sekarang ini, di sela-sela waktu liburan, saya sedang menyunting slide yang beberapa waktu lalu saya presentasikan, berisi panduan pencarian artikel ilmiah bagi pengelola dinas perkebunan. slide itu akan saya kembangkan menjadi “panduan pencarian artikel ilmiah bagi pengembangan kebijakan: bagi para pengelola daerah”. biar sadar mereka, bahwa mungkin hampir tidak ada yang tidak ditulis oleh orang Indonesia.